Monday 27 October 2014

SAHABAT RASUL SAW YANG BERSAMA DI KARBALA



Ketahuilah betapa hanya sahabat Rasul saw yang sejati selagi hayat di kandung badan akan terus mencintai Ahlul Bait dan membenci mereka yang memerangi Ahlul Bait.

Banyak informasi sengaja di putar bagi mengelirukan agama. Konun konunnya pencinta Ahlul Bait membenci seluruh sahabat.

Walhal fakta yang sebenar adalah tidak kira siapa kedududkan dia sama ada sahabat atau tidak kewajipan seorang yang mengaku Islam adalah mencintai ahlul bait dan membenci mereka yang membenci ahlul bait. 

Walaupun ada di kalangan sahabat yang melakukan aksi memerangi Ahlul Bait sudah pasti melakukan hal yang bertentangan dengan perintah Al Quran. Melakukan hal yang bertentangan dengan Al Quran adalah jelas sama sekali menentang perintah Allah swt.  Maka sejarah mengisahkan ada kalangan sahabat yang engkar dan memerangi serta melakukan pembunuhan seperti dalam Peristiwa Perang Jamal, Perang Siffin dan Perang Karbala.  Ini jelas kerana dalam Perang Jamal dan Siffin kalangan sahabat memerangi Imam Ali as dan dan Perang Karbala mereka memerangi Imam Husain as.

Kebangkitan dan revolusi Imam Husain a.s. terjadi pada tahun 61 H, namun demikian terdapat adanya beberapa sahabat Rasulullah saw. yang juga menjadi sahabat dan penolong Imam Husain a.s. karena orang-orang yang sebaya dan seusia dengan Imam Husain dan orang-orang yang lebih tua darinya menjumpai masa Rasulullah saw. Pada masa terjadinya tragedi Karbala, usia mereka rata-rata enam puluh tahun.

Dalam kisah hari ini saya akan listkan antara sahabat yang setia bersama Al Husain dalam Perang Karbala.

1. Anas bin Harits Kahili:
Samawi dalam Abshâr al-’Ain fî Anshâr al-Husain menyebutkan Anas bin Harits sebagai orang yang gugur sebagai syahid Karbala. Syekh Thusi juga menyebut ia sebagai salah seorang sahabat Rasulullah saw., dan juga di antara orang-orang yang gugur sebagai syahid bersama Imam Husain a.s.
Tatkala menyebutkan Anas bin Harits sebagai salah seorang sahabat Rasulullah saw., Syekh Thusi mengingatkan bahwa ia menggapai syahid di samping Imam Husain a.s. Anas bin Harits sedemikian tinggi kedudukannya dan masyhur sehingga sesuai dengan nukilan Allamah Muhsin Amin dalam A’yân asy-Syiah, Kumait bin Zaid, salah seorang pujangga yang terkenal ahlulbait a.s., menyebut Anas bin Harits dalam lirik syairnya. Kumait menggubah sebuah syair yang menyebutkan Anas bin Harits Kahili al-Kahili sebagaimana berikut:

"Siwa ‘ushbatun fihim Habib muaffarun, Qadha nahbahu wa al-Kahili Murammalun"
Kecuali sekelompok orang di antara mereka yaitu Habib yang berkorban jiwa dan tubuhnya berguling di tanah dan raga Al-Kahili bersimbah darah.

2. Habib bin Muzhahhar:
Habib bin Muzhahhar adalah salah seorang sahabat Rasulullah saw. dan merupakan sahabat besar Imam Ali a.s. yang turut serta dalam tiga peperangan. Syekh Thusi tidak menyebutkan ia sebagai salah seorang sahabat Rasulullah saw., kendati demikian Syekh Thusi menyebut ia sebagai salah seorang sahabat Imam Ali a.s. dan Imam Husain a.s. Sebagian ulama seperti Samawi penulis Abshâr al-’Ain menyebutkan nama Habib bin Muzhahhar sebagai sahabat Rasulullah saw. yang syahid di Karbala.

3. Muslim bin Awsaja:
Samawi dalam kitab Abshâr al-’Ain menghitungnya sebagai salah seorang sahabat Rasulullah saw. dan Imam Ali a.s. Allamah Muhsin Amin juga dalam kitab A’yân al-Syiah, tatkala menjelaskan sahabat-sahabat Imam Husain a.s., menyebut Muslim bin Awsaja sebagai sahabat (shahabi) Rasulullah saw.

4. Hani bin Urwah:
Salah seorang penolong Imam Husain lainnya yang tergolong sebagai sahabat Rasulullah saw. adalah Hani bin Urwah. Ia adalah seorang tua dan pembesar kabilah Muradi yang turut serta dalam tiga peperangan di samping Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib a.s.

5. Abdullah bin Baqthar (Yaqthar) Himyari:
Abdullah bin Baqthar (Yaqthar) adalah saudara sesusuan Imam Husain a.s. Ayahnya Baqthar (Yaqthar) adalah khadim (pembantu) Rasulullah saw. Ia membawa surat Imam Husain a.s. untuk Muslim bin Aqil di Kufah kemudian ditangkap (oleh Ibnu Ziyad) dan langsung gugur sebagai syahid.


No comments:

Post a Comment